HDMI vs Blu-ray Disc, canggih mana ya??

Contoh kabel HDMIhello sobat binusian. di posting saya kali ini akan membahas tentang perbedaan antara HDMI dan BLU-ray Disc yang sekarang banyak argument yang masuk dari teman2 kita.. hehe ::D

ok.. PERTAMA kita akan membahas tentang HDMI dulu deh ye..!. Apa sih itu HDMI??
High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).
HDMI mendukung video standar, yang lebih tinggi, ataupun definisi tinggi, ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal. Hal ini tak tergantung pada standar DTV seperti ATSC, dan DVB(-T,-S,-C), karena semuanya merupakan enkapsulasi stream data MPEG, yang dilewatkan pada dekoder, dan keluar sebagai data video tak terkompresi, yang bisa jadi berdefinisi tinggi. Data video ini kemudian dikodekan menjadi TMDS untuk transmisi digital melalui HDMI. HDMI juga mendukung 8 kanal audio digital tak termampatkan. Dimulai dengan versi 1.2, saat ini HDMI mendukung hingga 8 kanal audio satu bit. Audio satu bit digunakan pada CD Super Audio.
Konektor HDMI Tipe A standar mempunyai 19 pin, sedangkan versi resolusi yang lebih tinggi yang disebut Tipe B telah didefinisikan, walaupun belum digunakan secara umum. Tipe B mempunyai 29 pin, yang mampu membawa kanal video expanded untuk digunakan dengan tampilan beresolusi tinggi. Tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1080p.

Nah, yang KEDUA adalah Blu-ray. apa sih itu “blu-ray” ??
blu-ray decoder
Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD. Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang.[1] Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.blue ray lebih pendek dari panjang gelombang laser memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak informasi pada 12 cm CD / DVD ukuran disk. Minimum “spot size” di mana sebuah laser dapat terfokus dibatasi oleh difraksi, dan bergantung pada panjang gelombang dari cahaya dan kecepatan rana numerik dari lensa yang digunakan untuk fokus itu. Dengan penurunan panjang gelombang, meningkatkan kecepatan rana numerik 0,60-0,85 dan membuat penutup lapisan tipis agar terhindar dari efek optik yang tidak diinginkan, laser dapat difokuskan ke tempat yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan lebih banyak informasi yang akan disimpan di daerah yang sama.
Cakram Blu-ray mirip dengan PDD, format cakram optik lainnya yang dikembangkan oleh Sony dimana sudah tersedia sejak 2004. PDD memilik kecepatan transfer data yang lebih tinggi. PDD lebih ditujukan untuk pemakaian data bisnis atau cadangan.

Tapi sekarang kaset Blu-ray sampai saat ini masih Mahal n mengorek saku kita rata2 Rp.500-600 ribu 1 DVD tergantung kapasitasnya dan tidak dapat DIBAJAK neh sobat..!!! eheehe 🙂

tapi kalau aku saranin neh ya., mendingan beli DVD yang ada slot HDMI nya dan juga LCD nya.. jadi gak beli Blu-ray Decodernya. karena kasetnya juga mahal.. hehe 😀 (Promosi neh) 😀 😀 😀

About syeitama

my names arif. i birth in Jakarta, January 14. i like swimming , reading books and collecting rarely items like Betamax Cassete, Laserdisc, and old film. i like about history too, because with history, we will know many more about world. i hope we will success in this college..! :D
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

11 Responses to HDMI vs Blu-ray Disc, canggih mana ya??

  1. Tawanna says:

    Greetings! Is it okay if I go a bit off topic? I’m trying to read your blog on my Mac but it doesn’t display properly, do you have any suggestions? Cheers! Tawanna

  2. hello!This was a really marvelous Topics!
    I come from itlay, I was fortunate to find your Topics in google
    Also I obtain much in your topic really thank your very much i will come daily

  3. 300 workout says:

    Great post, I concur completely and appreciate the time you took to write it. Cheers!

  4. Useful info discussed I am quite pleased to go through this particular post..many thanks for giving us wonderful information.Fantastic walk-through. I appreciate this blog post.

  5. A Very nice article . Every time i check your blog i find a original perspective . Furthermore , as a new developer, i have to say that the structure of your site rocks . Can you post the name of the theme.

  6. Nice to have this comment box functioning again.

  7. I hope someone has stumbled upon any site that is of the same quality as this Reducing High Cholesterol Essay,English Composition Writing on Reducing High Cholesterol,Example Sample Reducing High Cholesterol Essays? Cheers… Oh, before I forget, My name is Andy Aw and I am a retired ESL teacher living in South Africa.

  8. syeitama says:

    thanks for your comments..! i hope we can showing other articels did more unique..

  9. Quite very useful when and in order to give rise to found it again on the part of your regular age group,credit ranking a great deal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *