Teknologi Cloud Computing

Posted by syeitama on Thursday Dec 23, 2010 Under Uncategorized

Hello sobat dimanapun anda berada.. dah pada mau liburan neh ya.?! . kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang teknologi terbaru saat ini yaitu “cloud computing = komputer awan” . apa sih cloud computing itu?? komputer yang ada di awan ya??? .. Ya, bukan itu maksudnya. untuk lebih jelasnya, saya akan jelaskan secara rinkat (Rinci dan singkat) ok! check this out :

cloud-computing-01
CLOUD COMPUTING adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahuui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.cloud-300x202

Teknologi ini sudah dipakai di beberapa negara seperti : Amerika, Jepang, dan Jerman. Salah satu perusahaan yang mengembangkan dan mempelopori teknolog cloud computing ini adalah “Biznet Networks” yang ada di Indonesia. mereka mempunyai dan menyewakan beberapa server kepada client yang ingin memasang koneksi jaringannya.

Teknologi Virtualisasi

images
salah satu teknik yang mendukung teknlogi cloud computing untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.”

Cloud Computing mempunyai 3 jenis layanan, yaitu: Infrastructure As A Services (IAAS), Platform As A Service (PAAS) dan Software As A Service (SAAS). Sedangkan dari sifat jangkauan layanannya, terbagi menjadi Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud.

Tidak semua layanan di internet disebut cloud computing, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni:

1.Layanan bersifat “On Demand”, pengguna dapat berlangganan sesuai dengan kebutuhan, dan membayar hanya untuk
yang mereka gunakan saja.
2.Layanan bersifat elastis/scalable, di mana pengguna bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang
dia inginkan kapan saja mengakomodasi perubahan tersebut.
3.Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyedia/provider, yang dibutuhkan oleh pengguna hanyalah komputer personal
atau notebook ditambah koneksi internet.

so, gimana anda menyikapinya? tertarikah dengan teknologi ini??? ok.. sampai jumpa di topic berikutnya .. bye.! 😀

Leave a Reply