Overclocking (OC)

Posted by syeitama on Thursday Dec 30, 2010 Under Uncategorized

hello sobat BINUSIAN.. jangan bersedih ya, karena TIMNAS kita kalah kemaren. tapi mereka sudah menunjukan powerful dalam berlaga.. ngomong2 tentang powerful., kali ini kita akan membahas tentang overclocking. sesuai dengan namanya “over” =berlebihan dan “clocking”=jam .. ooh jadi overclocking artinya jam yang berlebihan… hahaha 😀 kurang tepat bro. OK, kita akan membahas lebih lanjut tentang topic ini. check this out…!

ok.. pertama2 kita harus mengetahui definisi dari overclocking. apa sich overclocking itu ??
octunner
Overclock adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya peripheral computer yang dioveclock. Overclock biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk “memaksa” periferal komputer bekerja diatas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer.
nv_bios_overclocking___leadoverclock
overcloking suatu perangkat hardware tidaklah mudah.. karena harus mengambil risikonya seperti kita menempa suatu barang. Perangkat PC yang di-overclock sama saja dengan dipaksa melebihi kemampuan aslinya. Namun, overclock PC ini, selain membuat perangkat sistem menjadi tak stabil, dapat membuat kerusakan pada perangkat keras, terutama mainboard, harddisk, prosesor, dan VGA.

Lalu , keuntungan apa yang di dapat dari Overclocking itu ??

1. mempercepat kinerja CPU
2. membuat hardware yang murah menjadi sangat cepat
3. dapat dijadikan kontes overclocking dunia.

dari sisi kelemahan dan kerugian kita juga dapat melihatnya , yaitu :

1. harus memakai pendingin yang banyak agar suhu udara CPU stabil
2. Biaya sangat mahal untuk membeli peralatan untuk overclocking.
3. kerusakan pada suatu komponen yang di OC, komponen tersebut akan rusak secara permanen.

saran saya sebaiknya kalau kita ingin meng-Overclocking kan suatu komponen hendaknya dari software2 yang sudah ada di dalam komponen tersebut agar tidak mengambil risiko yang tidak ingin terjadi.

Ok…. jadi, bagamana ????? ente mau overclocking juga kompi nya..? ya, sebaiknya ikutin saran yang ane kasih saja ya, suapaya lancar dan tidak ada yang bermasalah.. terima kasih atas perhatiannya yg telah membaca topik ini n jangan lupa tinggal pesan-pesan yang menarik dan sampai jumpa..! See you! 😀

Leave a Reply