Hello BINUSIAN… Penasaran dengan topik kita hari ini..?? jangan heran yah, karena kita setiap harinya selalu saja mendapat Update teknologi terbaru untuk memudahkan kita melakukan segala aktifitas sehari-hari.. OK..! topik kita hari ini akan menjelaskan tentang Teknologi BlueTrack. Dari kalimatnya saja, “Track” yang berarti Geser/ perpindahan.. geser disini maksudnya ditujukan kepada perangkat input kita yaitu Mouse. Sekarang ini, kita kan banyak pake mouse yang Infrared atau yang laser kan sob ?? terkdang kita juga banyak kendala kan jikalau tidak ada tatakan untuk menaruh mouse tersebut?? Nah, sekarang ini kita akan menjelaskan tentang Teknologi “BlueTrack” ini sob., Ok.. Check this Out..!!

B002DPUUKK_BT_logoInovasi teknologi terus dikembangkan dan makin membuat pekerjaan makin mudah. Kali ini Microsoftms-blue-track-1 merilis sistem peripheral baru bernama Blue Track yang bisa diaplikasikan di berbagai permukaan. Microsoft mengklaim teknologi Blue Track mereka menjadikan mouse dan keyboard lebih mumpuni, akurat, dan tidak datar daripada generasi peripheral laser sebelumnya. Inti dari sistem baru ini adalah penggunaan sinar yang lebih luas jangkauannya dan sistem optik yang telah diperbaharui. Sinar biru ini dijanjikan akan empat kali lebih sensitif dibanding sistem laser sebelumnya. Dengan begitu mouse dengan teknologi Blue Track bisa dipakai di permukaan yang sebelumnya dianggap sulit seperti karpet.Microsoft-Explorer-Mini-Microsoft-BlueTrack-Technology-on-Carpet

Nah Bagaimana Cara Kerjanya ya ??

Bluetrack didesain oleh Microsoft untuk dapat digunakan di berbagai permukaan (secara teori), Untuk keperluan ini maka Microsoft menciptakan dan mengembangkan sendiri sebuah teknologi – apa yang mereka sebut sebagai Bluetrack. Dimana mereka mengembangkan sensor CMOS (mereka mengklaim sebagai sensor generasi keempat) yang kemudian dikombinasikan dengan sebuah “Algoritma dan pixel arsitektur tingkat lanjut” guna mendapatkan system penelusuran yang lebih presisi. Bluetrack juga menggunakan laser biru yang lebih lebar jangkauan kerjanya dibanding laser normal sehingga akan memperbaiki tingkat sensitivitas laser untuk melakukan tracking permukaan – dimana untuk mice optic biasa sering kali mempunyai masalah dengan padatnya tingkat intensitas debu yang mengotori permukaan yang akan ditrack oleh sensor sehingga akan mengacaukan tingkat kepresisian dari si Mouse tersebut.

Microsoft-BLUETRACK-Specification
“Teknologi Blue Track mengatasi masalah yang dulu dihadapi teknologi optik dan laser. Sebagai contoh, mouse laser keluaran sebelumnya susah dipakai di atas permukaan granit dan marmer,” jelas Microsoft platforms engineering manager Mark DePue seperti dilansir melalui Vnunet, Kamis (11/9/2008).

nah.. Sob, Tertarik dengan teknologi ini ?? mau beralih ke generasi mouse baru ?? haha.. 🙂 its your choice..!! Ok.. sobat, mungkin informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan bagi perkembangan teknologi di dunia.. n jangan lupa, tinggalkan pesan.. yah! bye..! 🙂

Leave a Reply